Nostalgia Episode : Sudah 4 Tahun Berlalu

02.19

Ternyata sudah hampir 4 tahun lamanya Aku tidak menggam bar lagi. Karena suatu hal yang mengharuskan saya untuk menyita waktu luang.

   Dulu ingat pertama kali punya media sosial seperti Facebook itu pas kelas 1 SMP (diajarkan oleh Ayah). Itu juga cuma berteman dengan teman-teman sekelas waktu SMP dan makin lama jadi satu sekolahan (ya walau gak semua). Tapi saat itu aku coba untuk berteman dengan orang yang belum aku kenal.
Berawal dari itu semua aku jadi punya banyak kenalan. Berteman dengan orang yang juga suka atau hobi menggambar, tentang Anime, dan masih banyak lagi. Saat itu (bisa dibilang kecanduan media sosial) setiap pulang sekolah langsung cepet-cepet duduk didepan komputer bahkan sampai makanpun didepan komputer. Melihat-lihat pemberitahuaan, permintaan pertemanan, sampai-sampai ikut-ikutan bikin status. Satusnya juga bukan status yang penting, sampai beberapa orang dianggap saudara pula. Waktu itu aku sempat berteman dengan seseorang yang sepertinya suka atau hobi menggambar. Berawal dari situ Kami saling bertukar gambar (saling menandai/ tag) dan saling memberi saran maupun kritik. Berbagi tips dan trik dan beberapa tutorial dari beberapa teman yang juga memiliki hobi yang sama. Bahkan saya bisa lebih akrab dengan yang lain. Masuk ke komunitas yang juga memiliki hobi yang sama.

   Entahlah dia ingat dengan saya atau tidak waktu itu saya sudah cukup kenal dengan salah satu teman yang sama-sama suka menggambar. Dikiranya dia lebih tua dari padaku, pas dipercakapan salah satu foto yang telah ditandai (saya lupa gambar siapa), tiba-tiba dia menggunakan kata "Kak" dan meminta maaf kepadaku sebelumnya. Sejujurnya aku tidak peduli siapa yang lebih tua dan aku juga tidak terlalu suka dianggap tua (cuma beda satu tahun tapi kalau dari tingkat sekolah dan kelas kita sama, jadi gak usah pake embel-embel kak juga gak papa). Bahkan terkadang saya jadi tempat curhat secara rahasia //plak.

   Mungkin foto dibawah cukup membosankan dan panjang (dan mungkin akan membuat tangan anda pegal). Inilah gambar 4 tahun yang lalu yang sempat saya posting di album fb saya.

   Gambarnya dari pertama kali menggunakan software paint bawaan dari windows. Sampai yang postur wajahnya gak simetris (ya ampun dulu gambar saya seperti ini jadi kangen).
Itu gambar yang pertama dibuat menggunakan software Microsoft Paint (software bawaan dari Windows XP).

Terakhir dibulan mei....
   Ternyata banyak juga yang pernah saya buat baik itu gambar buatan sendiri dengan desain karakter sendiri atau sebagai fan art (menggambar karakter orang lain). Setelah itu saya berhenti menggambar dikarenakan harus fokus dalam pelajaran. Kalau tidak salah saat kelas 1 semester 2 tingkat SMA saya benar-benar tidak dapat memiliki waktu seperti dulu. Banyaknya tugas dan pemilihan jurusan antara IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Karena Ayahku bersikeras menginginkanku untuk mengambil jurusan IPA, otomatis aku harus bersaing dari 5 kelas yang biasanya 1 kelas berisi 30-36 siswa untuk menempati 2 kelas IPA pada saat kelas 2 nanti. Aku benar-benar tidak ada waktu untuk menggambar, berkomunikasi dengan mereka, saling mengirim gambar, meminta saran, bahkan mungkin mereka sudah lupa dengan saya. Setelah berhasil masuk jurusan IPA aku kira akan ada waktu luang ternyata tidak sama sekali. 

   Semenjak itu aku tidak beraktivitas disosial media maupun tidak pernah membuka Paint Tool SAI (salah software yang enak buat menggambar gak ribet yang sering saya gunakan setelah Paint dan Manga Studio). Hingga akhirnya saya lulus SMA lagi-lagi tidak ada waktu sama sekali sedikitpun dihabiskan untuk belajar mati-matian agar masuk perguruan tinggi. Tidak lulus SNMPTN, mencoba untuk ikut SBMPTN (karena mengambil paket IPC saya nekat dan ternyata saat soal bagian tentang IPS saya hanya bisa melihat soal dan tidak tau jawabannya dan pasrah akan hasilnya) dan ternyata asilnya GAGAL, mencoba untuk masuk sekolah kedinasan STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia) padahal tinggal sedikit lagi lulus tahap ujian tertulis (nilainya kurang 0.5 lagi, aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkhhhhhh), mungkin memang bukan rezekinya disana. Ingin mengambil jurusan seni rupa atau desain dapat penolakan dari Ayah (hmmmmmmmm kalau sudah ditolak dan dilarang tidak dapat diganggu gugat). Akhirnya saya masuk universitas swasta Islam yang ada didaerah Jakarta dan mengambil jurusan Teknologi Informasi. Makin dewasa makin sulit punya waktu luangnya, dimana seorang siswi menjadi mahasiswi yang dipenuhi tugas-tugas yang bahkan membuat dirinya begadang. 

   Tapi akhirnya libur telah tiba YEAAAAAAAAAAAAAAAH... libur selama hampir 3 bulan dirumah, karena universitasku Islam jadi pada saat puasa tidak ada aktivitas belajar mengajar (kecuali yang kena ikut SP (Semeter Pendek) karena ada matakuliah yang tidak lulus). Setelash UAS (Ujian Akhir Semester) kami sudah resmi diliburkan dan akan kembali beraktivitas pada bulan September. Lumayan lama dari 17 Juni sampai akhir Agustus. Tapi saya mau menghabiskannya dengan banyak menonton serial anime yang tidak sempat saya tonton (bahkan kalau dirumah televisi juga tak pernah ditengok). Karena saya sedang bosan dan ada hawa untuk menggambar jadi saya menggambar saya (momen yang dinantikan setelah 4 tahun berlalu //lebay amat//plak). Ketika semua sudah dipersiapkan tiba-tiba saya gak punya ide sama sekali, otak saya sulit untuk berimajinasi seperti dulu. Daripada terbuang sia-sia hawa nafsu menggambar ini akhirnya saya memutuskan untuk menggambar ulang atau biasa disebut "REDRAW" menggambar kembali gambar yang pernah dibuat sebelumnya. Kali ini saya mengambil gambar lama saya yang pernah diposting di album fb.

Gambar sebelumnya : 
Gambar di awal bulan juli 2011 (kalau tidak salah) 

Inilah hasilnya saat tahun 2011 dan 2015.

Hasil akhir

https://instagram.com/p/42Wdz_hqiS/?taken-by=dhedebitha
Ya ampun pasti kamu kedinginan ya//plak.

Abaikan backgroundnya (saya tiba-tiba saja jadi malas). Ternyata saat dilihat perbedaannya sangat menonjol (aku berhasil naik ke level selanjutnya (    °ロ°) yeeeeeaaaaaah ).

Mumpung masih dalam masa liburan aku bersemangat menggambar ulang lagi. Kali ini aku ingin menggambar ulang gambar ini.

Gambar sebelumnya (kalau diperhatikan seksama sebenarnya lengannya terlihat putus, rambutnya masih kaku)

https://instagram.com/p/5t-lsmBqng/?taken-by=dhedebitha
Ini yang versi yang tahun 2011 dan 2015

Lihat hasil akhirnya

https://instagram.com/p/5vgRd7BqgA/?taken-by=dhedebitha
 Seakan-akan gambarnya bilang tada~~~~~~ (abaikan backgroundnya) 

Sudah 4 tahun berlalu...
Sebenarnya saya bingun sama gaya mewarnai rambutnya lebih bagusan yang gambar pertama (yang rambutnya berwarna coklat atau yang kuning ini). Tapi itu semua tergantung suasana hati saya. Lanjut....

Masih kepingin gambar ulang lagi jadinya. Oke ambil gambar dari tahun 2011 lagi nih.
Kali ini saya gambar karakter yang terinspirasi dari seekor belut. Dulu lagi booming dan heboh di fb sama foto profil mereka yang berbetuk belut (yang ada dipojok kanan bawah), disebut eljinka (kalau gak salah sih gitu).
Inilah penampakan karakter yang saya buat gara-gara si belut.

https://instagram.com/p/51U-WFhqlf/?taken-by=dhedebitha
Lagi-lagi gaya mewarnai rambutnya beda dari gambar yang sebelumnya (tergantung suasana).

Hasilnya
https://instagram.com/p/53A3eWhqt4/?taken-by=dhedebitha
Mungkin karena sudah 4 tahun lamanya rambut dia sudah ubanan tapi wajahnya masih seusia 17 tahunan.
Sekali lagi gaya mewarnai rambutnya beda lagi (dan sekali lagi tergantung suasana). Akh baru ingat saya lupa menggambar alisnya.

Karena sudah hampir 4 tahun tidak menggmbar dalam bentuk digital ketika menggambar dan mewarnainya butuh waktu yang cukup lama (itu juga karena setelah download'tan berhasil 100% saya nonton dulu jadi kebanyakan nontonnya daripada gambarnya). Tapi syukurlah tanganku tidak kaku-kaku amat untuk memberi warna (aku sedikit khawatir tidak bisa menggmabr lagi setelah sekian lama).

Aku merindukan hal-hal yang dulu... andai saja bisa terus berkomunikasi dengan mereka dan bisa saling memberi saran dan yang lainnya.

Oke posting hari ini sudah cukup membuat saya merasa senang. Dan sepertinya saya terlalu bersemangat untuk menulis hal ini, tapi sebelumnya saya minta maaf jika ada salah kata dan kalimat maupun ketikan. Dan ucapan terima kasih sudah mau membaca postingan ini.

Terima Kasih,
Salam,

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts